Olahraga Gulat Masuk Lho dalam Anjuran Rasulullah !

Yakni dari beberapa situs yang kami jumpai layaknya Liputan6.com sudah mengutarakan jika, ada beberapa jenis olahraga yang sesungguhnya telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dan beberapa jenis olahraga yang dianjurkan juga cukup mudah, diantaranya masuklah jenis olahraga Gulat !

Kalian yang merasa umat muslim selalu menjaga kondisi badan dengan cara melakukan olahraga yang memang, telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini dikarenakan, dalam menjalankan segala jenis ibadah di dalam islam baik itu Shalat sampai dengan pergi Haji jika mampu, diperlukannya tubuh yang kuat serta sehat. 

Salah satu hadist juga telah menjelaskan mengenai adanya sebuah kewajiban dari seorang muslim di dalam menjaga kesehatannya. Hadis yang dimaksud adalah Riwayat Muslim 2664, dimana menyebutkan bahwa Abu Hurairah berkata “ Jika Rasulullah SAW bersabda, Maka Mukmin yang kuat akan jauh lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah SWT daripada Mukmin yang lemah, dan pada keduanya adalah sebuah kebaikan “ . 

Mungkin diantara kalian sudah cukup penasaran bukan ? sebenarnya ada jenis Agen Sbobet Terpercaya apa saja selain Gulat yang bisa dilakukan sesuai sunnah dari Rasulullah SAW ini ? … kebetulan sekali, di bawah ini telah kami rangkum beberapa olahraga tersebut dari sumber yang telah kami sebutkan di awal tadi. Untuk meringkas itu semua, mari masuk saja ke dalam topik pembahasan pada bacaan yang ada di bawah ini. 

Olahraga Berkuda 

Ternyata salah satu olahraga yang cukup populer ini sudah masuk ke dalam daftar anjuran yang bisa dilakukan menurut Rasulullah SAW. dimana olahraga Berkuda ini, memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan memiliki daya interaksi cukup kuat dengan kuda yang akan menambah insting serta hubungan manusia terhadap hewan tersebut. Terutama sekali jika itu memang hewan peliharaan. Dari sini kami juga menemukan adanya Hadis Riwayat Ahmad yang menyebutkan jika bahwasannya Umar pernah berkata “ Ajarkanlah anak-anakmu untuk berenang juga memanah, dan perintahkanlah mereka untuk melompat di atas punggung kuda “ … 

Olahraga Memanah 

Memanah juga tak kalah populer di dunia. Dimana jenis olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW ini sudah masuk ke dalam kategori olahraga yang selalu membutuhkan : Ketelitian Mata – Ketangkasan Otot Tangan – Konsentrasi Penuh sampai dengan Ketepatan dari Bidikan juga harus mumpuni sesuai dengan targetnya. Selain harus bisa memiliki fisik yang kuat di dalam menarik tali busur panah tersebut, agar kiranya juga bisa membidik tepat sasaran yang dibutuhkannya tingkat konsentrasi tinggi berasal atas kemampuan di dalam mengendalikan diri itu sendiri. 

Bahkan pada saat adanya perang di Zaman Rasulullah SAW, memanah masuk ke dalam sebuah kekuatan yang bisa membantu Islam dalam mencapai kemenangan. Kekuatan yang dimaksud kali ini adalah sebagaimana telah dicantumkan oleh Allah SWT di dalam firmannya pada surah Al-Anfal ayat 60 dengan arti “ Dan bersiap-siaplah kamu dalam menghadapi mereka ( musuh ) dengan kekuatan yang memang kamu sanggup “ …. Makna dari kekuatan ini kemudian sudah ditafsirkan kembali oleh Rasulullah SAW : “ Yakni ketahuilah bahwa yang dimaksud dengan KEKUATAN ini adalah memanah, beliau ucapkan kata-kata ini sebanyak 3 kali “ HR. Muslim. 

Olahraga Berenang 

Selanjutnya adalah Renang. Dimana olahraga ini juga telah masuk dalam daftar anjuran yang diperintahkan langsung oleh Rasulullah SAW. Dimana olahraga renang ini memiliki berbagai manfaat yang sangat baik bagi anggota tubuh. Renang juga sangat amat efektif sekali dalam membakar jumlah kalori dalam tubuh. 

Sebuah hadis pun dengan lancar telah menyebutkan, dari Jabir bin Abdillah bahwa Rasulullah SAW telah bersabda “ segala sesuatu yang ada di dalamnya tidaklah mengandung Dzikirullah yang merupakan perbuatan sia-sia, perbuatan senda gurau dan permainan. Kecuali 4 perkara yaki : Senda gurau suami dengan istrinya, lali melatih kuda, berlatih memanah dan juga berenang “ … HR. An-Nasa’i. 

Olahraga Gulat 

Ini dia topik yang masuk ke dalam pembahasan kita kali ini. Mungkin dalam hal ini kalian juga sedikit bingung bahkan tidak menyangka, jika Rasulullah SAW juga gemar dengan olahraga Gulat ini. Hal tersebut sebenarnya jika kalian cari sudah ada pada penjelasan dari Kitab Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam – Tahqiq Al-Halabbi – 1:390-391. Dimana dalam kitab ini sudah diriwayatkan oleh Ibnu Ishaq, bahwasannya Nabi Muhammad SAW sudah pernah menentang gulat dari seorang laki-laki yang paling kuat dari suku Quraisy yang bernama Rukanah bin Abdul Yazid bin Hisyam bin Abdul Muthalib bin Abdu Manaf Al – Mutallib. 

Nah salah satu kunci yang memang telah menjadi puncak atas kesepakatan di dalam pertarungan gulat ini yakni : apabila nantinya Rasul menang, maka Rukanalah yang akan dengan suka rela untuk masuk Islam. Dan benar saja, meskipun Rukanah terkenal dengan kekuatannya. Namun saat sedang melawan Nabi, Rukanah justru tidak berdaya. Bahkan dalam riwayat juga dijelaskan, jika pertandingan ini mengalami pengulangan sebanyak 2 sampai 3 kali pertandingan. Oleh sebab itu, hendaknya umat Islam ini baik mengikuti olahraga gulat ini. Untuk mempelajarinya juga mudah sekali, kalian tinggal baca beberapa cara yang sebelumnya sudah kami jabarkan pada beberapa artikel sebelumnya. Silahkan kalian cermati dan lakukan dengan sebaik-sebaiknya. 

Olahraga Lari 

Selanjutnya olahraga yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW ini sudah termasuk ke dalam jenis olahraga ringan , praktis serta mudah dilakukan sehari-hari dalam kehidupan kalian masing-masing. Olahraga ini juga bisa dilakukan oleh umat Muslim maupun non Muslim yang memang ingin menjalankan olahraga tersebut. Nama olahraganya sendiri adalah Lari. 

Dimana suatu ketika, Rasulullah SAW sudah pernah menyetujui keinginan dari para sahabat untuk bisa mengadakan lomba lari. Bahkan disini Rasulullah justru ikut serta dalam perlombaan tersebut bersama sang Istri yang bernama Aisyah. Dari Aisyah ini mengatakan “ Jika Rasulullah bertanding denganku dan aku menang. Kemudian aku berhenti, sehingga ketika badanku menjadi agak gemuk maka Rasulullah SAW ini bertanding lagi dengan ku dan ia menang “.. dikutip dari HR.Ahmad dan Abu Daud. 

Olahraga Jalan Cepat 

Dari keseluruhan olahraga yang sudah kami bicarakan diatas tadi, semuanya telah kalian pelajari semasa sekolah dulu termasuk dengan olahraga Jalan Cepat ini. Selain daripada itu, para Sahabat juga sudah menyebutkan jika Rasulullah SAW sangat senang untuk berjalan begitu cepat. Bahkan telah dijelaskan juga dalam sebuah hadis dari cara berjalan Nabi yang seolah-olah telah berjalan dio jalanan menurun. Dan para Sahabat di sini memerlukan usaha yang susah payah untuk bisa mengikuti langkah demi langkah dari baginda Nabi. seperti ini sekiranya bunyi hadis yang ada : 

“ Tidak ada satupun yang kulihat jauh lebih indah dibanding dengan Rasulullah SAW yang seolah-olah mentari beredar di wajahnya. Juga tidak ada seorang pun yang kulihat jauh lebih cepat jalannya dibandingkan Rasulullah SAW seolah-olah bumi ini telah dilipat baginya. Sungguh, kami harus bersusah payah dalam melakukan hal tersebut, sedang Rasulullah tidak memperdulikannya “ … dikutip langsung dari HT. Tirmidzi.

You may also like