Teknik Dasar Pada Cabang Olahraga Gulat

Setelah sebelumnya kita membahas juga mengenai dunia Gulat. Dimulai dari pengertian gulat, adanya sejarah gulat, sedikit peraturan dalam gulat hingga kelas yang bisa dimainkan pada olahraga gulat sudah di jelaskan pada artikel sebelumnya. Saat ini, waktunya meneruskan mengenai teknik yang menjadi keterkaitan pada cabang yang satu ini. tanpa kalian mengetahui adanya teknik dasar ini, kemungkinan kalian kurang memahami adanya pertandingan olahraga gulat yang satu ini.

Berikut ini ialah beberapa teknik dasar yang bisa kalian pelajari di dalam cabang olahraga gulat ini. yuk langsung saja kalian kepoin lebih lengkapnya di bawah ini.

Teknik mengunci pada Cabang Olahraga Gulat

Teknik Dasar Di Dalam Dunia Gulat

# Teknik Dasar Clinch Fighting

Untuk teknik dasar pada duni gulat memang memiliki beberapa teknik mendasar yang salah satunya pada teknik ini. dimana, teknik ini masuk kedalam kategori teknik sulit. Yang dimana teknik ini sendirimerupakan teknik dengan cara memiting, yang sudah pasti akan langsung berfokuskan pada tekniknya tersebut.

Untuk teknik ini sendiri memang sudah di yakini akan membuat lawan kalian mati gaya atau kata lain tidak akan bisa berbalas sekalipun berkutik dari teknik memiting kalian ini. pasalnya, gerakan ini memang sangatlah efektif sekali ke lawan kalian ketika ingin melakukan serangan terhadap diri kalian sendiri. Hal ini sendiri akan jauh lebih menguntungkan jika nantinya kalian memilih berat maupun tinggi yang jauh lebih daripada lawan kalian ini.

Intinya si, ketika kalian melakukan teknik ini lawan kalian jadi tidak bisa melakukan serangan berupa tinjuan, maupun tendangan sekaligus. Untuk teknik ini sendiri bisa kalian gunakan sebagai peralihan dari sebuah mode Fighting yang berupa Stand Up lalu ke Ground Fighting. Untuk tekniknya juga secara otomatis akan mengunci sang lawan hingga lawan kalian benar-benar tidak berdaya akibat kuncian kalian ini.

# Teknik Dasar Leverage

Dalam dunia Gulat, teknik ini dinamakan teknik pengambil keuntungan. Yang dimana, jika kalian lebih tinggi dari lawan kalian, maka hal itu akan jauh lebih menguntungkan pastinya. Namun, jika kedapatan lawan dengan ketinggian yang standar bahkan terkesan pendek , bisa dengan mudah nanti untuk memudarkan adanya keseimbangan dan posisi ini yang jauh lebih tinggi pun bisa memegang adanya pengendali dari pertandingan tersebut.

Untuk pegulat yang tinggi, dalam hal menembaknya kurang. Maka dari itu di perlukannya jangkauan panjang sampai mana untuk bisa menarik salah satu pergelangan kaki si lawan. Dengan hal ini, nantinya pegulat tersebut bisa mengambil keuntungan dengan perfect.

Dari teknik dasar ini pun juga terdapat inti pengendalian teknik di dalamnya. Seperti halnya :

~ Penerapan Hip Throws

Teknik yang satu ini mengambil langsung keuntungan dari lawan kalian. Caranya sendiri ialah dengan melakukan bantingan pada bagian pinggang lawan kalian. Gerakan ini memang di nilai efektif bagi kalian yang memiliki postur tinggi serta memiliki kaki yang pastinya panjang. jika kalian sudah memastikan adanya posisi bagian atas lawan, maka selanjutnya kalian bisa melangkahkan kaki diantara tubuh untuk bisa mengambil sebuah kesempatan serta keuntungan dari posisi tersebut.

Kalian bisa lakukan dengan bagian bisa di posisikan di bawah pinggang lawan, lalu lakukan gerakan yang menyilang. Dari sinilah, kalian baru bisa melakukan gerakan banting lawan ke matras yang ada. Jika di rasa kalian mampu, maka bisa gunakan gerakan ekstrim ini.

~ Penerapan Cradles

Tekniknya mengambil sebuah keuntungan dari adanya seorang pegulat yang dimana bisa meletakan lawan berada di punggung kalian. Teknik ini tentu saja meminta kalian memiliki tinggi tubuh lebih dari lawan dan juga memiliki adanya sebuah lengan yang lebih panjang untuk menyempurnakan adanya teknik headlock. Atau kuncian dengan satu lengan saja.

Untuk lengan satunya lagi, bisa kalian lakukan untuk menjepit bagian bawah kaki dari lawan kalian. Lalu, lakukanlah penguncian rapat pada lawan kalian sebisa mungkin agar lawan tidak bisa melakukan serangan balik atau pemberontakan pada penguncian tangan dan kaki tersebut.

~ Penerapan Sprawl

Untuk teknik ini di khususkan bagi kalian yang postur tubuhnya tinggi maka harus memiliki sebuah reaksi yang sangatlah cukup terhadap sebuah serangan lawan yang dilakukan secara tiba-tiba sampai kalian dapatkan sebuah keuntungan tersebut. untuk teknik ini kalian akan jauh lebih terfokuskan pada penarikan dari kedua kaki kalian ke matras dan lakukan langsung penerkaman kelawan dengan posisi ada di atas lawan untuk melakukan sebuah serangan.

Dengan postur tubuh yang lebih daripada lawan kalian bisa jauh lebih menguntungkan lagi. Karena, kalian bisa dengan mudah meraih adanya bagian bawah dari tubuh lawan dan melakukan gerakan untuk mengunci lengan dari lawan kalian ini. setelahnya, kalian masih bisa melakukan membalikan ke arah punggung dan pada bagian pinggang dari lawan bisa kalian coba terapkan penguncian agar tidak berkutik lawan kalian tersebut.

# Teknik Dasar Joint Lock

Untuk teknik ini lebih tertuju pada pemanipulasian sendiri dari lawan kalian sendiri. Teknik dari bela diri judo pun juga ada kok seperti ini. yang dimana, teknik ini memang mengharuskan kalian sebagai seorang pegulat untuk melakukan pengisolasian sendi lawan agar nanti lawan kalian jadi tidak bisa bergerak lagi.

Teknik dasar ini jika kalian pelajari, maka effectnya pada lawan kalian akan mendapatkan rasa nyeri pada bagian sendi sampai pada menyebabkan adanya cidera jika memang benar di lakukannya dengan cara paksa ataupun cara mendadak ini. resiko yang terjadi biasanya si pada bagian kerusakan otot, lalu di bagian ligamen beserta dengan tendon. Dan untuk cidera fatalnya lagi, bagi lawan kalian bisa mengalami patah tulang karena hasil dari gerakan ini sendiri.

Jika kalian pernah belajar pada bela diri Judo , hal ini bisa kalian temui dari adanya teknik penguncian berdiri dengan kuncian di banting. Namun, hal ini sendiri sangat amat di larang karena bisa merusak fisik dari lawan kalian. Akan tetapi di beberapa cabang olahraga bela diri lainnya teknik ini masih di perbolehkan untuk di gunakan.

# Teknik Dasar Grappling Hold

Yang terakhir ini merupakan teknik gulat pada pegangan. Biasanya, teknik ini dengan mudah bisa kalian temui di dalam bela diri Judo. Cara ini sendiri menjadi cara yang memang tepat untuk mengendalikan adanya gerakan dan juga adanya posisi lawan. Dan memang pada fungsi ini bisa banyak sekali di terapkan.

Contoh pada gerakan ini sendiri memang langsung berfokuskan pada Clinching, lalu submission dan juga Pinning. Dan untuk Joint Lock yang pada dasarnya juga bisa dimasukkan pada Grappling Hold yang pada Intinya bisa langsung memegang dan mengunci semua sekaligus. Dan untuk teknik ini sendiri memang banyak harus bisa kalian pelajari bagi para pegulat PEMULA!!.

Itulah setidaknya teknik dasar pada Olahraga Gulat yang bisa kalian ketahui dan kalian pelajari lebih lengkapnya.

You may also like