Inti Dasar Dari Olahraga Gulat Di Dunia

Cabang olahraga sebenarnya terbagi banyak pada cabangnya. Ada yang merupakan seni bela diri, ada juga permainan, lalu senam dan berbagai macam lainnya. untuk kali ini, kita akan mengenai olahraga seni bela diri Gulat. Dimana, seni bela diri ini sudah cukup terkenazl di dunia dan telah di jalankan di beberapa negara termasuk negara Indonesia. Mengenai seni olahraga gulat ini yang harus kalian ketahui ialah pengertian dari olahraga gulatnya, sedikit sejarah Gulat di dunia, serta beberapa peraturan dasar yang ada di olahraga gulat ini.

Untuk olahraga ini sendiri merupakan sebuah cabang olahraga yang mempertarungkan 2 orang dalam 1 vs 1 di sebuah ring yang telah disediakan, dengan masing-masing pegulat nantinya harus bisa menjatuhkan pegulat lawan agar menang. Sedikit teknik fisik yang bisa kalian lakukan pada permainan olahraga Gulat ini seperti ; Joint Lock, lalu cclinch fighting, ada grappling hold, dan juga leverage. Tekniknya sendiri bisa menyebabkan adanya sebuah luka yang benar-benar serius nantinya.

Banyak pula gaya gulat yang memanglah sudah di ketahui oleh dunia serta memiliki sebuah sejarah panjang. ilahraga gulat ini sendiri sudah hadir kurang lebih 100 tahun lamanya dengan menjadi cabang olahraga olimpik. Berikut ini adalah sekilas yang harus kalian ketahui dulu di dalam dunia Gulat.

Pengertian Mendasar Dari Olahraga Gulat

selain dimainkan oleh 2 orang petarung dengan 1 vs 1, olahraga Gulat ini sendiri menjadi sebuah cabang olahraga yang memang bertarungnya mengharuskan pemain menggunakan body atau anggota tubuhnya pada bagian tangan serta kaki agar nanti lawan bisa jatuh dan dinyatakan kalah pada pertandingan Gulat tersebut.

Di dunia sendiri cabang olahraga gulat ini dikenal dengan 2 jenis yang berbeda. Dimana yang satu berjenis Free Style ( melakukan gerakan dengan gaya bebas ) dan untuk yang satu lagi bernama Greco Roman ( untuk pertandingan yang satu ini khusus melakukan dengan gaya Greco ).

Ungkap seseorang yang bernama Erawan di lansir dari situs olahraga yang ada, gaya pada dunia gulat ini memang bisa untuk membebaskan adanya pegulat untuk bisa melakukan daya tangkap kaki dan juga bisa menggunakan daya kaki secara aktif untuk melakukan tiap gerakan pada dirinya terhadap lawannya tersebut. ini berarti masuk dalam kategori bebas.

Ungkapnya lagi untuk gaya Greco sendiri atau Romawi menjadi gaya gulat yang DILARANG KERAS untuk di gunakan dalam menangkap lawannya tersebut. terutama pada bagian bawah pinggang dan menggaet adanya kaki lawan atau dengan menggunakan kaki yang aktif dalam tiap gerakan melawan musuhnya tersebut.

Sedikit Sejarah Dari Dunia Gulat

Untuk cabang olahraga yang satu ini sudah masuk sejak 15 ribu tahun yang lalu. hal ini sudah di lansir dari adanya gambar di gua yang berad pada negara Perancis. Disana terdapat sebuah relief yang memang pada mitologi bangsa Babilonia di Mesir juga sudah menunjukkan adanya sebuah aktivitas dan teknik dari para pegulat ini.   

# Pada tradisi Barat, untuk pertandingan yang sering di temukan yakni pada Epik Giligames dari bangsa Babilonia. Pada bangsa ini telah di ceritakan adanya kemenangan dari seorang pahlawan yang telah menumpas kejahatan dengan adanya praktek teknik gulat untuk menjatuhkan musuhnya tersebut.

# Untuk zaman Mesir Kuno sendiri, petarunagn ini lebih menonjol pada kekuatan fisik langsung dan adnya kemampuan militer dari para tentara dan juga para bangsawan yang ada. Dikutip dari perkataan Wolfgang Decker, bahwasannya pegulat ini memang di gunakan dalam sebuah bentuk pelatihan bagi para tentaranya.

# Pada Yunani kuno gulat memang sudah sangat dikenal. Adanya di dalam sebuah kompetisi dan memang sudah dikembangkan langsung oleh bangsa Romawi yang telah meminjam adanya teknik Gulat milik Yunani ini.

Dari sini Vases sendiri telah menggambar langsung adanya angka pada peradaban Mitologi Yunani yakni Heracles dan Theseus lah yang menjadi penemu Pegulat Ilmiah yang ada. Dan untuk pertama kalinya para pegulat ini muncul di Koin Aspendosm Syracuse dan juga Alexandria dengan sejumlah pertandingan gulat yang ditemukan pada tulisan Humer, Statius dan juga Quintus dari Smirna. Dan menurut cerita yang ada pun Plato sang filsuf terkenal sudah mengikuti kompetisi pada kejuaraan yang diadakan di Delphi dan juga Nema.

Peraturan Pada Permainan Gulat Di Dunia

Pertandingan pada olahraga Gulat ini terbagi langsung dari beberapa unsur yang ada. Dimulai langsung dari :

  • Usia pada 6 sampai 12 tahun menjadi pegulat mini.
  • Untuk anak usia 13 tahun sampai 16 tahun menjadi pegulat untuk anak-anak.
  • Untuk usia 17 tahun sampai 20 tahun masuk kedalam pegulat Dewasa.
  • Untuk 20 tahun keatas sudah masuk sebagai pegulat senior.

Dalam pertandingan olahraga Gulat ini harus memakai baju bertanding khusus yang sudah berbasis Internasional yakni baju Wrestlingsuit. Bajunya sendiri di sesuaikan dengan warna dari sudut masing-masing yang berwarna merah ataupun biru.

Untuk wasit yang mengatur jalannya pertandingan Gulat ini berada langsung pada lingkaran tengah, dengan satu tangan harus di luruskan kedepan, dan terakhir adanya pluit yang di bunyikan lalu bersamaan dengan lengan wasit yang di tarik kembali. Jika pertandingan sudah di mulai, dan diantara pegulat lainnya masih berdiam diri, maka wasit berhak untuk berkata Open. Agar nantinya daerah dari serangan di buka oleh lawan lainnya untuk melakukan serangan tersebut. setelah itu di harapkan pada kedua pegulat untuk bisa mengadakan kontak satu sama lain nantinya.

Dari sini setiap wasit bisa untuk teriak Open, lalu Action atau juga adanya Contact yang memang harus diikuti oleh pegulat tersebut. jika nanti pegulat masih belum bereaksi juga maka, wasit untuk bisa menghentikan adanya pertandingan serta memberikan adanya peringatan ke 2 pegulat tersebut.

Dan jika ini terulang , maka fix sekali wasit akan memberikan hukuman dengan angka secara jelas yang memang juga sudah dilakukan langsung oleh wasit sampai juri dan juga ketua pertandingan yang umum jelas ketika melihatnya.

Kelas Yang Di Pertandingkan Oleh Para Pegulat

Dalam hal ini, kelasnya sendiri yang dipertandingkan pada 2 macam gaya yang ada. Yakni pada gaya bebas lalu gaya Yunani Romawi yang lebih terikat. Dan kelas-kelasnya itu seperti :

  • Kelas dimulai pada ukuran 48 kg.
  • Kelas dimulai pada ukuran 52 kg.
  • Kelas dimulai pada ukuran 57 kg.
  • Kelas dimulai pada ukuran 62 kg.
  • Kelas dimulai pada ukuran 68 kg.
  • Kelas dimulai pada ukuran 74 kg.
  • Kelas dimulai pada ukuran 82 kg.
  • Kelas dimulai pada ukuran 90 kg.
  • Kelas dimulai pada ukuran 100 kg.
  • Kelas dimulai pada ukuran over 100 kg.

Dengan adanya hal dasar ini, semoga kalian jadi lebih mengerti adanya pertandingan olahraga Gulat di dunia ini.

You may also like